Noken Papua: Bentuk, Bahan & Fungsinya

Noken adalah tas tradisional Papua yang dibawa dengan kepala dan terbuat dari ijuk kulit kayu.

Mirip dengan tas, pada umumnya tas ini digunakan untuk membawa barang kebutuhan sehari-hari. Masyarakat Papua biasanya memanfaatkannya untuk membawa hasil pertanian seperti sayur mayur, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang dagangan ke pasar.

Karena keunikannya yang diusung dengan kepalanya, noken ini terdaftar di UNESCO sebagai salah satu karya tradisional dan warisan budaya dunia. Pada 4 Desember 2012, noken khas masyarakat Papua ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda UNESCO.

Bentuk Noken Papua

Untuk bentuknya kalian bisa melihat pada gambar ini yang telah Media Infon upload.

Noken Papua: Bentuk, Bahan & Fungsinya

Fungsi Noken Papua

Noken ini dapat digunakan sebagai penyimpan barang bawaan layaknya tas. Noken ini memiliki ukuran yang disesuaikan. Ada noken untuk pribadi atau biasa digunakan untuk menyimpan peralatan make up, pinang, ataupun handphone. Untuk ukuran noken besar, biasanya masyarakat di dapua menggunakannya sebagai tas untuk mengangkut barang yang lrbih berat semisal, beras, sagu dan lainya.

Tas noken ini sendiri memiliki ukuran yang bermacam-macam bahkan ada yang berukuran besar yang biasa digunakan oleh ibu-ibu yang berprofesi sebagai petani dan mampu mengambil hasil yang berat dengan menggunakan tas noken as ini, dan yang unik adalah dipakai dengan memakai dahi atau bagian.

Di depan kepala mereka dengan menggantungkannya ke bagian belakang punggung mereka, dan tas noken kecil biasanya digunakan oleh siswa laki-laki dan perempuan asli Papua untuk digunakan sebagai tempat buku dan belajar di sekolah maupun di kampus. Dan selebihnya biasanya tas Noken ini oleh para pendatang yang biasa berkunjung ke Papua sebagai bahan oleh-oleh di bawah daerahnya masing-masing sebagai hiasan atau oleh-oleh untuk kerabatnya karena tas tersebut terlihat unik dipandang mata. Noken adalah kerajinan tangan khas Papua yang berbentuk seperti tas.

Ada 250 suku dan bahasa di Papua, namun semua suku memiliki tradisi kerajinan tangan Noken yang sama. Fungsi noken sangat beragam. Namun, Noken biasanya digunakan untuk membawa barang-barang seperti kayu bakar, hasil bumi, dan bahan makanan. Noken kecil biasanya digunakan untuk membawa kebutuhan pribadi. Tak hanya itu, Noken juga digunakan dalam upacara dan sebagai kenang-kenangan bagi para tamu.

Apakah anda tertarik menggunakannya? Saran saya carilah noken yang sudah didesain unik sebagai asesoris pribadi.

Sumber:


Silahkan berlangganan artikel Noken Papua: Bentuk, Bahan & Fungsinya jika bermanfaat.